Ryan Arifani’s Blog

November 22, 2008

PENERAPAN E-BUSINESS DAN E-COMMERCE PADA GARUDA INDONESIA

Filed under: Uncategorized — ryanarifani @ 5:55 pm

 

Pada tahun 1997, krisis keuangan di Asia telah memberi dampak yang cukup signifikan bagi perusahaan penerbangan, termasuk Garuda Indonesia. Dalam sebuah bisnis yang memiliki karakteristik margin yang sempit, penurunan tajam dalam hal jumlah penumpang menimbulkan kesulitan bagi Garuda Indonesia dalam segi keuangan dan operasional.

Pada tahun 1998, sebuah tim manajemen baru Garuda Indonesia mengimplementasikan sebuah restruktur perusahaan secara radikal, dan pada tahun-tahun berikutnya Garuda Indonesia memfokuskan diri pada strategi untuk meningkatkan jasa pelayanannya, meningkatkan revenue dan menambah rute penerbangan, mengatur biaya secara lebih efektif, mengatur proses bisnis perusahaan secara lebih efektif, serta meningkatkan kegiatan operasinya.

 

KEBUTUHAN UNTUK MENGGANTI SISTEM LAMA

            Environment Garuda Indonesia terdiri dari sejumlah besar aplikasi dari berbagai vendor, dengan software yang dijalankan pada beberapa platform. Integritas dan keamanan data menjadi tujuan dari penerapan teknologi informasi di Garuda Indonesia. Sejak terjadinya penurunan integritas antar sistem-sistem software, data menjadi tidak dapat mengalir dengan baik diantara beragam fungsi bisnis. Hal ini menunjukkan adanya penurunan efisiensi dalam kontrol manajemen yang terdapat di Garuda Indonesia.

            Untuk menghasilkan sebuah laporan dari kumpulan informasi yang dihasilkan oleh sistem-sistem Garuda Indonesia yang lama, dibutuhkan waktu yang lama serta jumlah tenaga kerja yang besar. Harga menjadi sangat sulit untuk diidentifikasi dan dikontrol. Perusahaan tidak dapat memanage informasi bisnis secara memadai, yang membawanya kepada kesalahan-kesalahan yang menjadi penghambat dalam proses pengambilan keputusan. Menurunnya jumlah penumpang dan rendahnya tingkat hasil yang diperoleh menambah bukti akan ketidakmampuan sistem lama yang sedang berjalan untuk menyajikan data-data yang dibutuhkan secara real-time dan akurat untuk mendukung efisiensi manajemen.

            Baik proses bisnis Garuda Indonesia maupun sistem teknologi informasinya seharusnya dapat menyediakan support berkualitas yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Perusahaan membutuhkan sistem yang terintegrasi dan transparansi data yang lebih baik, mencakup segi konsistensi, real-time, dan pengamanan data yang dapat dikendalikan dengan lebih mudah.

 

PEMANFAATAN mySAP AEROSPACE & DEFENSE UNTUK MENCAPAI TUJUAN BISNIS

            Tim manajemen Garuda Indonesia yang baru membeli sistem baru kepada Lufthansa Consulting untuk membantu Garuda Indonesia dalam melakukan analisis yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan teknologi informasinya secara lebih hati-hati. Solusi mySAP Aerospace & Defense ini secara sistematis akan dievaluasi untuk menguji fungsionalitasnya, keterbukaannya, dan kemudahan dalam penggunaannya.

Sebagai hasil, tim pengevaluasi mengidentifikasikan mySAP Aerospace & Defense sebagai sebuah solusi yang paling komprehensif, baik dalam hal kemampuan maupun kemudahan dalam penggunaan. Tim evaluasi melihat potensi besar untuk menghasilkan manajemen kontrol yang lebih baik dengan menggunakan fitur workflow, yang dapat meningkatkan tingkat akses dan penyebaran informasi, serta kemampuan integrasi dari aplikasi-aplikasi yang lebih baik seperti manajemen keuangan, manajemen material, dan manajemen human capital. Pihak Garuda Indonesia sangat terkesan dengan SAP Industry Solution Map, yang mendemonstrasikan pemahaman SAP berkaitan dengan industri pertahanan dan lapisan udara. Garuda Indonesia juga merasa yakin bahwa SAP tidak hanya menjadi solusi, melainkan juga menjadi visi dan komitmen untuk pertumbuhan perusahaan mendatang. mySAP Aerospace & Defense merupakan solusi terbaik untuk menemukan kriteria dan jalur strategi teknologi informasi Garuda Indonesia. Reputasi SAP telah meyakinkan pihak Garuda Indonesia akan profesionalisme perusahaan dan kemampuan untuk memberikan support jangka panjang bagi Garuda Indonesia.

Proyek ini tidak hanya membutuhkan implementasi dari solusi mySAP.com, tetapi juga me-reengineering proses bisnis Garuda Indonesia. Pihak Garuda Indonesia ingin me-restruktur ulang sistem operasinya dengan menggunakan pendekatan bottom-up dan pengaruh dari platform e-business mySAP.com untuk membawanya kepada pengimplementasikan bisnis yang lebih baik dalam bidang industri pertahanan dan lapisan udara.

 

TRANSISI DAN KEUNTUNGAN

            Transisi kepada solusi baru dilakukan secara bertahap. Bagi Garuda Indonesia, keuntungan dari pengimplementasian solusi SAP ini sangatlah beragam. Aplikasi yang bersifat user-friendly dan tingkat integrasi yang tinggi dapat meminimalkan biaya-biaya yang tercakup di dalam konsolidasi dan rekonsolidasi keuangan. Dengan penerapan mySAP Aerospace & Defense, laporan keuangan dapat dihasilkan dengan lebih cepat dan lebih akurat. Dengan menggunakan fitur SAP workflow, yang membuat proses bisnis menjadi lebih visible dan mudah diakses, Garuda Indonesia dapat melakukan kontrol terhadap kegiatan operasionalnya secara lebih ketat. Sebagai hasilnya, perusahaan memperoleh 89% performa on-time dan meningkatnya faktor muatan penumpang sampai dengan 68%. Dan untuk pertama kalinya sejak tahun 1992, dinas penerbangan ini mendapatkan profit sebesar 409.5 milyar rupiah pada tahun 1999. proses organisasional yang lebih efisien ini juga membantu untuk meningkatkan sumber daya, sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari kesempatan-kesempatan yang ada.

            Sistem baru ini memungkinkan Garuda Indonesia untuk memperoleh semua tujuan originalnya. Dengan menggunakan sistem informasi penjualan yang dimilikinya, manager level atas Garuda Indonesia sekarang dapat mengakses semua informasi yang mereka butuhkan untuk menganalisis perubahan pasar dan trend pasar secara real-time. Kualitas dan konsistensi data juga meningkat, sehingga informasi yang tersedia menjadi lebih bermanfaat bagi para manager. Garuda Indonesia juga berhasil mencapai tujuannya untuk menjadi lebih cost-effective pada area-area tertentu.

 

FONDASI E-COMMERCE       

            Sekarang perusahaan telah kembali dengan dasar keuangan yang solid. mySAP.com telah membantu pihak Garuda Indonesia untuk memfasilitasi audit IPO mereka dengan memberikan sistem yang lebih transparan. Hal ini sangat penting bagi Garuda Indonesia dalam mencapai tujuannya untuk mengadakan privatisasi pada tahun 2003.

            Dalam upayanya untuk kelangsungan e-business Garuda Indonesia di masa depan, pihak perusahaan menyadari bahwa e-commerce dapat menjadi salah satu faktor untuk mengendalikan ekonomi, dan perusahaan tanpa sebuah platform e-commerce tidak akan dapat berkompetisi secara global. Solusi mySAP.com telah membantu Garuda Indonesia untuk membangun dasar e-commerce. Akhirnya Garuda Indonesia memutuskan untuk memperkenalkan sebuah program bernama e-ticketing pada website mereka, yang mencakup kemampuan e-commerce baik itu jenis Business to Business (B2B) maupun Business to Consumer (B2C).

 

SISTEM E-COMMERCE GARUDA INDONESIA

            Dalam pelaksanaan aktivitas sehari-harinya, Garuda Indonesia juga menggunakan internet yang ditampilkan dalam website khusus dalam hal e-ticketing. Setiap orang yang akan menggunakan jasa Garuda Indonesia tidak hanya dapat memesan tiket secara konvensional, tetapi juga bisa secara online melalui internet. Selain itu, fungsi internet disini adalah untuk memperkenalkan Garuda Indonesia kepada masyarakat itu sendiri, sejarah Garuda Indonesia, serta jasa-jasa yang dilayani. Dari sini dapat dilihat bahwa Garuda Indonesia memanfaatkan e-commerce untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Bentuk penerapan e-commerce Garuda Indonesia ini adalah dengan menyediakan pusat layanan call centre selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, reservasi online, serta e-auction.

            Secara umum e-travel adalah penggunaan fasilitas e-commerce untuk mengubah kebiasaan para pelanggan dalam industri travel sesuai dengan pengertian e-travel di internet. Garuda Indonesia menyediakan layanan e-commerce dalam bentuk : e-booking, e-payment, e-ticket, advance check in, schedule info, e-voucher, dan promo. Easy booking adalah proses reservasi dan transaksi penerbangan yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan menghubungi Garuda Indonesia Call Centre. E-payment adalah pembayaran tiket secara lebih mudah dan cepat melalui beragam fasilitas online payment, termasuk kartu kredit, ATM, phone banking, mobile banking, dan internet banking. Setelah mendapat konfirmasi pembukuan dari call centre, calon penumpang akan mendapatkan kode booking dan 13 digit kode pembayaran. Untuk pembayaran melalui kartu kredit, calon penumpang hanya cukup memasukkan 16 digit nomor kartu kredit dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh mesin transakski pada Garuda Indonesia Call Centre selama 24 jam. Calon penumpang juga dapat membayar melalui ATM dan fasilitas perbankan lainnya.

            Fasilitas e-ticketing merupakan tiket elektronik atau tiket tanpa kertas untuk semua penerbangan tujuan domestik dan Singapura dengan keberangkatan dari Jakarta. E-ticketing ini diyakini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik itu pihak maskapai penerbangan maupun pihak konsumen.

 

Garuda Indonesia mempersiapkan dirinya untuk menjadi market leader domestic dan berharap agar dirinya siap untuk menghadapi kompetisi secara internasional. Selain itu, visi Garuda Indonesia sendiri saat ini adalah menjadi market leader dalam bidang e-travel dengan terlebih dahulu menjadi pioneer dalam penerapan teknologi ini di dalam sistem mereka. Dengan adanya fondasi yang kokoh, Garuda Indonesia telah menjadi salah satu kebanggaan bagi Indonesia.

 

 

Written by : Ryan Arifani T. / 0600619991

BiNus Business School, Young Professional Program – MA 1

E-Business Strategy

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.